Senin, 26 November 2007

Etika bersilaturrahmi Wajib berlaku lhooo…….

Hmmm,,,idul adha akan tiba nech!! Berarti udah waktunya berkunjung ke rumah sodara2 donk… eits,tapi kudu inget, kita tetep punya aturanNya….


Pakai baju pantas
Nggak mau kan kamu dibilang salah kostum gara2 pake baju mahalmu tapi terlalu norak untuk menghadiri acara silaturrahmi. Masalah harga nggak penting kok, yang penting kamu pantez dan terlihat sopan saat kamu memakainya.


Ramah
Jangan takut kalo dibilang sok kenal n akrab. Soalnya, ramah bukan sesuatu yang memalukan. Apalagi silaturrahmi adalah momen yamg tepat untuk lebih mempererat hubungan saudara yang telah terjalin.


Sopan
Wah…hal ini wajib dilakukan. Nggak lucu kan,kamu jadi bahan omongan gara2 sikapmu yg terlalu berlebihan. Bersikaplah dengan cool, tenang, dan kamu bakal ngerasa nyaman dengan suasana yg ada.


Menghormati
Terdengarnya sih klise, tapi memang sikap ini wajib kita junjung tinggi. Berusahalah untuk menyapa orang yang jauh lebih tua daripada langsung menghampiri temen2 kamu.


Jangan bikin gaduh
Mentang2 hari raya, trus kita bisa berbuat seenaknya seperti ketawa atau ngomong kenceng2 bareng sodara sebayamu. Jangan bikin suasana menjadi gaduh dgn keonaran2 yg kamu bikin.


Pengertian
Kita wajib tanggap dengan situasi di rumah yg kamu kunjungi. Jangan gara2 kamu main terlalu lama, rencana si tuan rumah untuk pergi silaturrahmi ke tempat yg lain jd terganggu.


Pamitan
Saat datang, kita mengucapkan salam, berarti saat kita kita pulang pun qita wajib mengucapkan salam. Kita tidak tinggal di hutan yg nggak ada aturan dan tata kramanya. Jadi, berpamitlah saat kita meninggalkan rumah orang yg kita datangi…


Makan secukupnya
Lebaran memang identik dengan makanan. Tapi bukan berarti kamu haruz melahap semua makanan yang disajikan. Malu banget kan, kalo qita sampai terlihat rakus didepan orang banyak.

Tidak ada komentar: